RSS

Ketua PGRI Sulistyo Jadi Korban Kebakaran RS Mintohardjo

19 Mar

Sulistiyo1

TEMPO.CO, Jakarta – Kebakaran yang menewaskan empat korban jiwa terjadi di ruang tabung chamber Pulau Miangas, gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama, RSAL Mintohardjo, Jakarta, sekitar pukul 13.00, Senin, 14 Maret 2016. Salah satunya, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistyo.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Muhammad Zainuddin mengatakan kebakaran diakibatkan korsleting listrik. “Sehingga menimbulkan asap putih lebat dan pasien yang ada di dalam tabung terbakar dan tidak dapat diselamatkan,” kata Muhammad Zainuddin dalam siaran persnya yang diterima Tempo, Senin sore.

Menurut Muhammad Zainuddin, kronologi kejadian dimulai saat terapi pada pukul 11.30 dengan tekanan 2,4 atmosfir. Kemudian sekitar pukul 13.00, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atmosfir. Pada pukul 13.10, terlihat percikan api di dalam chamber.

“Operator dengan cepat membuka sistem fire tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan,” katanya.

Beberapa saat kemudian api mulai padam tapi korban tidak dapat diselamatkan.
Pada pukul 14.00, korban dapat dievakuasi dan segera dibawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo.  

Saat kejadian, petugas dan penunggu yang ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT) langsung dievakuasi ke UGD RSAL Mintohardjo guna mendapat perawatan intensif akibat asap.

Zainuddin mengatakan, dari pihak Puslabfor Polri bersama Pomal, terkait dengan olah TKP, saat ini belum bisa diambil kesimpulan penyebab terjadinya kebakaran.

Keempat korban meninggal adalah Inspektur Jenderal Purnawirawan Abubakar Nataprawira, 65 tahun, Edi Suwandi (67), dokter Dimas (28), dan Sulistyo (54).

Sulistyo merupakan mantan rektor IKIP PGRI Semarang. Sebelum menjadi rektor, dia pernah bekerja sebagai guru SD pada 1982-1985. Ia kemudian menjadi guru SMP dan SMA pada 1985-1987. Di tahun yang sama pada 1985-1989 dia juga mengajar di SMEA/SMK.

Setelah itulah pada 1987, dia berkarier sebagai dosen di IKIP PGRI Semarang dan terpilih menjadi rektor IKIP Semarang pada periode 2001-2009.

Sebagai Ketua Umum PGRI, Sulistiyo telah menjabat selama dua periode. Sebelumnya pada periode 2008-2013 menjadi Ketua PB PGRI dan pada Kongres PGRI ke-XXI di Jakarta secara aklamasi kembali ditetapkan menjadi Ketua Umum PGRI periode 2013-2018.

https://m.tempo.co

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: