RSS

Guru PAUD Dibekali Kemampuan Mitigasi Bencana

22 Feb

MERTOYUDAN, suaramerdeka.com – Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP UM Magelang menggelar pelatihan mitigasi bencana dalam pendidikan. Kemampuan mitigasi dinilai penting karena Magelang merupakan kabupaten rawan bencana alam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Drs Sujadi menjelaskan mitigasi adalah membuat sesuatu yang liar menjadi jinak. “Bencana merupakan sesuatu yang liar atau ganas. Melalui mitigasi bencana bisa dijinakkan,” ujar Sudjadi.

Disebutkan bencana sangat dekat dengan kehidupan warga Kabupaten Magelang. Mulai ancaman angin puting beliung, gempa dan letusan gunung berapi. Karena itu, BPBD menanggulanginya adalah dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kami berusaha menciptakan bentuk kehidupan yang harmonis dan selaras berdampingan dengan ancaman bencana. Moto BPBD yakni cepat, tepat dan menyentuh hati masyarakatm,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil ketua Lembaga Penanggulangan Bencana MDMC PP Muhammadiyah Dr Rachmawati Husein menuturkan tujuan mitigasi bencana adalah melindungi anak-anak, guru, dan seluruh warga sekolah dari kematian dan cedera akibat bencana.

“Mitigasi ini untuk melindungi investasi di sektor pendidikan serta untuk keberlanjutan pendidikan dan memperkuat ketangguhan warga terhadap bencana melalui pendidikan,” ungkapnya.

Usai mengikuti pelatihan, para peserta juga mengikuti workshop berupa simulasi Multiple Intelegence Games Model (MIGM) yang dipandu oleh dua dosen PG PAUD UM UM Magelang yakni Dede Yudi M.Pd dan Lilis Madyawati M.Si.

Dekan FKIP Drs Subiyanto M.Pd mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta terhadap pentingnya mitigasi bencana serta mampu mengimplementasikan mitigasi bencana sesuai dengan peran peserta.

Peserta diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran mitigasi bencana dalam pembelajaran serta dapat melakukan simulasi MIGM di daerah rawan bencana. “Peserta harus bisa memetakan peran masing-masing dalam rangka mendukung MDMC,” ujar Subiyanto.

http://berita.suaramerdeka.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2016 in Berita Guru, Guru

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: