RSS

Honorer Guru Ada yang Hanya Rp 150 Ribu

21 Feb

SRIPOKU.COM, PALEMBANG — Pemprov Sumsel meminta Kabupaten/Kota memperhatikan kesejahteraan guru honorer, yang telah berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa. Karena tidak ada pengangkatan Honorer K2 menjadi PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir mengaku terkejut mendengar gaji guru honorer ada yang Rp 150 ribu.

“Saya pernah diundang DPR mengenai masalah K2. Ya tidak mungkin untuk dilakukan pengangkatan, berdasarkan UU (Undang-Undang) seperti itu,” ungkap Muzakir.

Menurutnya, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan honorer K2. Perlu ada perhatian dari masing-masing Kabupaten/Kota.

Tanpa harus mengangkat honorer tersebut menjadi PNS. Setidaknya, memberikan kebijakan untuk meningkatkan honor atau gaji yang diterima honorer minimal mendekati Upah Minimum Rata-Rata (UMR) atau Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 2.206.000,-.

“Karena dia (honorer K2) juga mengajar, mendidik anak-anak. Barang kali kabupaten/kota untuk meningkatkan penghasilan mereka (honorer K2). Konon kabarnya, saya tidak tahu persis, (honorer K2) itu honornya Rp 200 ribu, dan ada yang Rp 150 ribu. Nah, UMR Sumsel berapa? walaupun tidak UMR, paling tidak mendekati UMR. Tapi, itu kewenangan Kabupaten/Kota, bukan Provinsi. Provinsi kan dak katek guru honorer SD,SMP, SMK/SMA,” katanya.

Secara substansial, berbagai peraturan perundang-undangan tidak memberikan celah hukum bagi pengangkatan tenaga honorer secara otomatis menjadi CPNS. Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) serta berakhirnya masa berlaku Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2012, tidak memberikan ruang bagi rekrutmen dan pengangkatan CPNS secara langsung atau otomatis.

“Pengangkatan honorer K2 inikan menunggu PP, itupun kalau direvisi. Jelas, pengangkatan K2 itu (menjadi PNS), untuk sementara bertentangan dengan UU ASN. Jadi, UU ASN itu berbunyi, untuk pengangkatan PNS harus tes. Pengangkatan langsung tidak bisa,” pungkasnya.

http://palembang.tribunnews.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Februari 2016 in Berita Guru, Guru

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: