RSS

ICW : Guru Daerah Sasaran Politisasi saat Pilkada

24 Des

Ribuan guru mengenakan seragram batik Korpri menghadiri apel akbar peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-70 di Gelora Bung Karno, Jakarta, 13 Desember 2015.

Jakarta – Persoalan guru di daerah tentu tidak terlepas dari tanggung jawab pemerintahan daerah (Pemda). Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan mengatakan, pemda cenderung memilih kebijakan yang menguntungkan kepentingan politik dalam pengangkatan dan mutasi guru.

Dia menuturkan, di tingkat daerah banyak yang tidak memahami cara meningkatkan kapasitas guru. Kapasitas dari pusat cenderung terbatas dari segi kualitas dan kapasitas anggaran, sehingga kesempatan lebih banyak ke guru pegawai negeri sipil (PNS). Kualitas guru di daerah pun tidak berkembang dan pemda memanfaatkannya untuk kepentingan politik.

“Di daerah cenderung politisasi waktu pilkada dan pildes. Guru jadi sasaran utama untuk politisasi. Semua aspek guru dimanfaatkan, “ kata dia pada Diskusi Publik Pengelolaan Guru: Sentralisasi atau Desentralisasi yang diselenggarakan oleh ICW yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur Banten Rano Karno, dan Walikota Pontianak Sutarmidji di Balai Kartini, Selasa, (22/12).

Dia menambahkan, rekrutmen dan mutasi guru juga jadi politisasi. Guru yang salah pilih dukungan bisa dimutasi sedangkan yang jadi tim sukses kariernya jadi naik. Itu yang jadi penyebab kekacauan sebaran dan termasuk membuat rusaknya karier guru.

Sumber: http://www.beritasatu.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Desember 2015 in Berita Guru, Guru

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: