RSS

HUT Ke-70 PGRI Jokowi: Tidak Benar Tunjangan Profesi Guru Akan Dihapuskan

15 Des

Jokowi: Tidak Benar Tunjangan Profesi Guru Akan Dihapuskan

Jakarta – Presiden Jokowi mengatakan bahwa guru memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan karakter,  yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang berakhlak dan menguasai ilmu pengetahuan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Menko PMK Puan Maharani pada acara puncak peringatan HUT ke-70 PGRI di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Jokowi menyatakan tujuan utama pendidikan adalah membentuk karakter bangsa. “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas membimbing, mengajar, pada jenjang pendidikan anak usia dini, dasar, menengah hingga tinggi,” kata Jokowi.

Ditambahkannya, guru harus dimaknai secara luas. Tidak hanya guru dalam pendidikan formal, tapi juga orang tua, saudara serta lainnya juga menjadi guru di dalam keluarga maupun lingkungannya masing-masing.

“Saya meminta guru untuk fokus meningkatkan pelayanan pendidikan untuk peserta didik di mana pun Bapak Ibu bertugas seperti di wilayah perbatasan, gunung-gunung dan wilayah terluar Indonesia,” ujarnya.

Puan melanjutkan, saat ini pemerintah telah membentuk direktorat jenderal (ditjen) baru yaitu Ditjen Guru dan Tenaga Pendidikan yang mempunyai tugas membina. Hal tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam pendidikan.

“UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen juga mengamanatkan pemerintah agar dapat memfasilitasi dalam pelaksanaan pembinaan tersebut. Karena itu, pernyataaan tunjangan profesi akan dihapuskan itu tidak benar,” tegasnya yang disambut tepuk tangan puluhan ribu guru yang hadir.

Dalam acara itu, juga diberikan sejumlah penghargaan oleh PGRI. Seperti pemberian penghargaan Dwija Praja Nugraha  kepada Gubernur Jawa Timur, Banten, Maluku, Gorontalo; Bupati/Walikota Pasuruan, Landak, Siak, Nganjuk; dan  pemberian penghargaan guru inspiratif dan dedikatif di daerah 3T (terdepan, terluar, terpencil).

Sumber: https://news.detik.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Desember 2015 in Berita Guru, Guru, Info Guru, Informasi Guru, Jokowi, PGRI, Presiden

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: