RSS

Sekolah Berprestasi Lahir dari Guru Bermutu

11 Des

Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

 

 JAKARTA – Banyak sekolah mendorong anak didiknya untuk memiliki segudang prestasi. Tujuannya, supaya mereka menjadi sekolah berprestasi lantaran memiliki siswa-siswi yang unggul.

Praktisi pendidikan, Itje Chodidjah berpendapat, sekolah berprestasi terbentuk dari guru-guru berprestasi. Artinya, bukan karena para muridnya dikejar-kejar untuk berprestasi, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis.

“Kebanyakan murid didorong berprestasi supaya sekolahnya dianggap berprestasi. Padahal yang seharusnya dikembangkan supaya berprestasi justru gurunya,” tutur Itje di Kemdikbud, Kamis(10/12/2015).

Itje mengungkapkan, guru berprestasi dalam suatu sekolah biasanya hanya satu atau dua orang. Padahal, prestasi bisa dimiliki semua guru.

“Guru yang berkualitas dan berprestasi akan melahirkan anak-anak yang berprestasi,” ucapnya.

Indonesia sendiri memiliki cukup banyak guru dan tenaga kependidikan cemerlang yang telah menciptakan inovasi dan terobosan untuk proses belajar mengajar. Bahkan, prestasi guru juga muncul dari kalangan guru honorer.

Terkait hal tersebut, ujar Itje, guru honorer yang berprestasi perlu diperhatikan oleh kepala sekolah, seperti diberi penghargaan. Guru tersebut juga bisa memberi motivasi kepada guru lain supaya mampu berprestasi juga.

“Meski guru honorer tapi kalau mereka berprestasi kan juga memberikan warna yang baik bagi sekolah. Saya rasa saat ini masalah cara pikir saja. Sebab antara guru PNS dan non-PNS masih terus-menerus ada perbedaan yang berlawanan. Sebetulnya guru, mau honorer atau tidak kalau sudah punya pemikiran sebagai pendidik, dia akan fokus mendidik siswa dan jika berprestasi akan berbagi ilmu ke guru yang lain,” tukasnya.

Sumber: http://news.okezone.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Desember 2015 in Berita Guru, Guru

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: