RSS

Puluhan Guru Kota Cirebon Diberi Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan

11 Des

Para guru-guru Kota Cirebon sangat antusias mengikuti seminar sosialisasi empat pilar di Gedung Korpri, Kamis (10/12).

Fajarnews.com, CIREBON- Puluhan guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Cirebon diberikan pembekalan dan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan yang berlangsung di Gedung Korpri Kota Cirebon, Kamis (10/12).

Sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada guru Kota Cirebon tersebut, para guru itu diharapkan bisa mengajak para pelajar untuk memahami pentingnya nilai-nilai kebangsaan ini, demi menjaga keutuhan Indonesia.

Anggota Komisi V DPR RI, Yoseph Umar Hadi mengatakan, sosialisasi empat pilar ini  adalah memberikan pemahaman kepada semua anak bangsa secara menyeluruh, termasuk kepada guru-guru, karena dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini agar meningkatkan ideologi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sosialisasi ini sebagai tata tertib MPR RI untuk sosialisasikan empat pilr kebangsaan kepada masyarakat, termasuk guru. Kegiatan sosialisasi kepada guru ini adalah peran penting seorang guru dalam mengajar dan mendidik kepada siswa/ siswi dan sebagai generasi muda penerus bangsa untuk memahami terhadap nilai-nilai kebangsaan,” ungkap Anggota Komisi V DPR RI, Yoseph Umar Hadi kepada fajarnews.com, Kamis (10/12).

Kegiatan sosialisasi empat pilar ini juga sebagai salah satu cara untuk menangkal pemahaman-pemahaman yang bisa merusak dan menghancurkan Negara Indonesia ini, salah satunya adalah kelompok-kelompok Islamic State Iraq and Syiria (ISIS) yang bisa menghancurkan ideologi kebangsaan ini.

Melihat hal tersebut, MPR RI akan terus dan semakin gencar berupaya untuk melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, terutama bagi generasi muda. Dengan memahami empat pilar kebangsaan ini diharapkan para guru bisa mempelajari buku-buku yang telah diberikan dan kemudian bisa mencampaikan kepada anak didiknya tersebut.

“Jangan sampai terpengaruh oleh ideologi ISIS dan ideology lainnya yang bisa merusak pemahaman kebangsaan, karena kita itu sebagai warga Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, keyakinan, agama dan ras agar bisa menjadi semakin bersatu meski kita itu berbeda latar belakangnya,” jelasnya.

Indonesia itu luas dan beraneka ragam, dan para guru ini diharapkan bisa memiliki rasa cinta terhadap tanah air, memiliki jiwa nasionalisme, dan tentunya juga harus mempelajari sejarah terbentuknya Negara Indonesia. Kegiatan ini tentunya bisa terus dilaksanakan agar pemahaman tentang kebangsaaan bisa terpatri dalam anak bangsa Indonesia.

“Diharapkan para guru juga bisa lebih serius untuk mengajarkan kepada anak didiknya tentang arti kebangsaan, sehingga anak didiknya tesebut bisa memiliki rasa patriotism yang tinggi terhadap Negara, dan tentunya juga tidak mudah terpengaruh oleh ideology-ideologi lain yang bisa merusak dan menghancurkan NKRI,” ungkap Dapil VII Fraksi PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Sekretaris PGRI Kota Cirebon, Toto Haryanto menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa menambahkan sebuah wawasan kepada guru-guru tentang nilai-nilai kebangsaan dan tentunya juga agar bisa lebih arif dan bijak lagi.

“Kegiatan sosialisasi empat pilar kepada guru-guru Kota Cirebon, para guru diharapkan bisa memberikan sebuah wawasan dan pemahaman lagi kepada murid-muridnya tentang arti dan nilai-nilai kebangsaan, karena empat pilar ini penting untuk dimengerti dan dipahami kepada generasi penerus bangsa,” katanya.

Sumber: http://news.fajarnews.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Desember 2015 in Berita Guru, Guru, PGRI

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: