RSS

Terima Kasih untuk Perjuangan Para Guru yang tak Pernah Lelah

01 Des

Terima Kasih untuk Perjuangan Para Guru yang tak Pernah Lelah

 

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku.
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku, sebagai prasasti terima kasihku ‘tuk pengabdianmu. Engkau sebagai pelita dalam kegelapan, engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan, engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa.

ITULAH sedikit penggalan dari lagu yang berjudul Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang digubah oleh Bapak Sartono. Betapa berartinya guru bagi kita. Dalam rangka memperingati hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November, marilah kita merenungi kebaikan-kebaikan yang telah diberikan guru kepada kita.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang telah banyak berjasa bagi negara dalam pembentukan bangsa yang cerdas, berkarakter dan berakhlak mulia. Guru telah mendidik kita tanpa pamrih tanpa meminta balasan.

Demikian pula para guru yang mengabdi di pedalaman bahkan di perbatasan Kalimantan pun mereka tidak peduli dengan risiko yang dihadapi, yang hanya ada dalam benak mereka adalah bagaimana caranya mendidik dan memajukan anak-anak bangsa. Ada baiknya kita menghargai mereka dengan prestasi-prestasi yang kita buat sehingga guru kita akan bangga.
Pernahkah juga kita menyadari bahwa guru adalah pengganti orangtua kita di sekolah.

Begitu banyak peran dan pengorbanan guru kepada kita dalam usaha mencapai cita-cita kita yang dengan ikhlas membimbing, mengajarkan ilmu pengetahuan, budi pekerti dan lain-lain. Mendidik kita agar diharapkan menjadi anak yang baik. Guru jugalah yang mendukung kita untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang positif dan juga memberi semangat di saat kita mengalami kegagalan agar kita tetap semangat serta memberi nasehat bahwa dibalik kekurangan kita ada kelebihan yang masing-masing kita memilikinya.

 

Kita sebagai murid, semua diperlakukan sama, sekecil apapun yang kita lakukan selama positif semua dihargai. Sehingga antara kita saling mendukung satu dengan yang lain, tidak ada yang merasa yang terbuang ataupun merasa lebih unggul dari yang lain.

Kita sebagai murid kadang pernah melakukan kesalahan-kesalahan sejak kita menempuh pendidikan di TK hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Saat di TK kadang kita berebutan mainan dengan teman, menangis karena menginginkan sesuatu dan lain-lain.

Demikian pula saat di SD dan SMP terkadang kita lupa mengerjakan PR, tertidur di kelas, terlambat datang ke sekolah, tidak rapi dalam berseragam, ribut di kelas dan lain-lain. Namun mereka para guru tidak pernah bosan untuk menasehati dan selalu mengajak berkomunikasi.

Guru lebih memberi kepercayaan kepada kita untuk bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Pada saat kita melakukan kesalahan besar pun dengan rasa tanggung jawab guru justru merangkul dan dengan sabar dan ikhlas mengarahkan kita kembali pada kebaikan. Karena pada hakikatnya tidak ada manusia yang sempurna.

Di usia kita saat ini merupakan usia kritis di mana kita sedang berusaha mencari jati diri kita sendiri sehingga kita masih terus membutuhkan dampingan, dukungan dan nasehat dari sekeliling kita agar tidak berjalan ke arah yang salah.
Selamat Hari Guru kepada semua Bapak dan Ibu Guru di seluruh Indonesia, juga kepada Bapak dan Ibu Guru di seluruh daerah pelosok atau pedalaman yang dengan minimnya sarana dan prasarana mampu berjuang dengan sepenuh hati mendidik anak-anak bangsa.

Terima kasih atas kesabaran, bimbingan, nasehat dan arahan Bapak dan Ibu Guru sehingga menjadikan kami mengerti banyak hal. Semoga amal baik Bapak dan Ibu Guru mendapat balasan yang terbaik dari Nya. Maafkan kami bila terkadang melakukan kesalahan, melawan dan tidak menuruti nasehat yang diberikan karena kami adalah manusia biasa.

Namun demikian kenangan, doa dan nasehat yang Bapak dan Ibu berikan akan selalu terpatri dalam hati kami yang Insya Allah dapat mendampingi kami hingga dewasa nanti. (*)

Oleh: M. Afif Sekedang
Kelas IX A1, SMPIT Cordova, Samarinda
sekedang21.as@gmail.com

Sumber: http://kaltim.tribunnews.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Desember 2015 in Berita Guru, Guru

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: