RSS

Guru Harus Terus Jadi Suri Teladan, Termasuk bagi Masyarakat

01 Des

Guru Harus Terus Jadi Suri Teladan, Termasuk bagi Masyarakat

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Tenaga pendidik di Kabupaten Kutai Timur diharapkan terus menjadi suri teladan bagi siswa serta masyarakat. Hal tersebut menjadi harapan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, yang disampaikan saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Guru tahun 2015, di Halaman Kantor Bupati Kutim, pekan lalu.

“Guru hendaknya senantiasa selalu meningkatkan profesionalisme dalam membangun sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan,” kata Ardiansyah di atas panggung utama upacara usai membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Pada upacara yang diikuti oleh ratusan guru se-Sangatta dan perwakilan murid dari beberapa sekolah serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hari itu, Bupati mengutip sambutan Mendikbud menjelaskan bahwa Republik Indonesia dirintis dan didirikan oleh kaum terdidik.

Mereka adalah generasi baru di zamannya, yang merasakan pengajaran, pendidikan, dan pencerahan. Tokoh dimaksud sangat sadar atas manfaat langsung pendidikan.

Dengan latar belakang tersebut, “mencerdaskan kehidupan bangsa” ditetapkan sebagai sebuah amanah yang harus ditunaikan. Kemudian menjadi sebuah pesan tegas bahwa kunci kemajuan bangsa ini ada pada kualitas manusianya.

“Ibu dan bapak gurulah yang berada di garda terdepan mewakili seluruh bangsa dalam menjalankan amanah itu. Tiap tutur, tiap langkah, dan tiap karya ibu dan bapak guru adalah ikhtiar untuk mencerdaskan bangsa,” sebut Ardiansyah yang juga mantan guru.

Di hadapan para guru, Ardiansyah mengajak seluruh tenaga pendidik itu untuk bersama-sama menunjukan kepada bangsa tercinta bahwa guru Indonesia adalah pembelajar.

Guru yang selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin anak didiknya. Menjadi guru yang hadir mengirimkan pesan harapan, makin menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme, serta keceriaan.

Ardiansyah menambahkan, guru yang terus belajar dan mengembangkan diri bukanlah untuk kepentingan pemerintah, kepala sekolah, atau kebutuhan kantor instansinya saja, melainkan memang sejatinya setiap pendidik adalah pembelajar.

Sebab, guru mulia karena karya, dan hanya dari guru yang terus belajar serta berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat. Pada akhirnya terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia.

Sumber: http://kaltim.tribunnews.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Desember 2015 in Berita Guru, Guru

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: