RSS

Penyebab Motivasi Guru Rendah

26 Nov

Seorang guru sedang mengajar di kelas. (Foto: Dok. Okezone)

Seorang guru sedang mengajar di kelas. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Guru menjadi sosok panutan bagi para siswa. Semangat guru dalam mengajar akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan anak didik. Sayangnya, beberapa guru justru memiliki motivasi yang rendah sehingga tidak menjalankan tugas secara maksimal.

Penyebab rendahnya motivasi guru dalam bekerja diungkapkan oleh pengamat pendidikan Mohammad Abduhzen. Menurutnya, banyak guru yang tidak menjalankan profesi berdasarkan panggilan hati.

“Guru-guru itu tidak semuanya merupakan lulusan terbaik. Ada yang karena tidak lulus pada prodi tertentu kemudian masuk ke prodi guru,” tuturnya saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Lebih lanjut Abduhzen mengungkapkan, para guru lulus dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang tentu masing-masing kampus memiliki kualitas bervariasi.

“Kemudian setelah menjadi guru ditempatkan di daerah terpencil yang tidak sesuai harapannya. Mereka yang ada di daerah ini hampir tak pernah diuji, dilatih, sekaligus tak dapat informasi yang memadai,” ungkapnya.

Situasi tersebut, ujar Abduhzen, membuat pengetahuan dan kompetensi para guru tak berkembang sehingga tidak semangat dalam mengajar. Ia menjelaskan, seharusnya pemerintah punya program untuk meningkatkan motivasi para guru.

“Ditambah lagi mereka diterpa kehidupan gemilau sehingga menyebabkan perilaku materialistis dan di tengah kondisi moralitas bangsa yang sedang mengalami kemerosotan,” pungkasnya. (ira)

Sumber: http://news.okezone.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 November 2015 in Berita Guru, Guru

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: